Sinergitas TNI Polri Bersama Pemerintah Gelar Operasi Penerapan Disiplin Protokol Kesehatan Covid 19

Sinergitas TNI Polri Bersama Pemerintah Gelar Operasi Penerapan Disiplin Protokol Kesehatan Covid 19

Kampar – Perkembangan Kasus penularan virus corona atau Covid-19 di Provinsi Riau saat ini semakin mengkhawatirkan, bahkan dinilai sudah tak terkendali lagi.

Seperti hari ini, Sabtu 19 September 2020, penambahan sebanyak 225 kasus positif Covid-19 tersebar di 11 kabupaten dan kota. 

Membuat Pemerintah Daerah Kab. Kampar, Kecamatan Kampar Kiri ber sinergi bersama Koramil 05/Kampar Kiri Kodim 0313/KPR dan Polsek Kampar Kiri menggelar Operasi Penerapan Disiplin Dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan melakukan Himbauan Pencegahan Covid-19.

Sasaran dari pelaksanaan operasi ini merupakan tempat keramaian yang terdapat aktifitas padat warga masyarakat seperti aktifitas perdagangan. Tampak personil gabungan dari TNI-Polri bersama aparat instansi pemerintah Kecamatan Kampar Kiri  melaksanakan apel persiapan disalah satu pusat keramaian aktifitas warga masyarakat di Kelurahan Lipat Kain tepatnya di Pasar Tradisional Kelurahan Lipat Kain, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar Riau Sabtu(19/09/2020).

Dalam pelaksanaannya menuju sasaran keramaian pada pasar tradisional Lipat Kain dimana tempat tersebut menjadi titik aktifitas perdagangan yang ramai oleh warga masyarakat.

Operasi ini dilakukan sebagai upaya menerapkan disiplin kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam melakukan aktifitasnya. Mewajibkan penggunaan masker dan tetap menjaga jarak dalam melakukan aktifitas perdagangan kepada pelaku usaha dan warga masyarakat selaku pembeli.

Selain itu juga dalam operasi gabungan ini mewajibkan pelaku usaha dan warga masyarakat untuk menerapkan menjaga kebersihan diri sebelum ataupun sesudah melakukan aktifitas dengan mencuci tangan ditempat yang telah tersedia atau telah disediakan. Kemudian juga dilakukan pengecekan suhu tubuh menggunakan thermal gun kepada pelaku usaha ataupun masyarakat untuk mengetahui keadaan kesehatan pelaku usaha dan masyarakat yang melakukan aktifitas perdagangan.

Dan juga dilakukan himbauan kepada pelaku usaha ataupun warga masyarakat yang tidak mematuhi atau mentaati protokol kesehatan dalam melakukan aktifitasnya terdapat sanksi yang diberlakukan atau diterapkan sesuai dengan Peraturan Bupati Kampar.

Pelaksanaan operasi gabungan ini merupakan langkah dan upaya pemerintah Kecamatan Kampar Kiri bersama TNI-Polri menekan penyebaran dan penularan wabah virus corona (covid-19) di wilayah Kecamatan Kampar Kiri yang belakangan tidak dihiraukan lagi oleh sebagian masyarakat.

Disela sela pelaksanaan operasi penerapan disiplin ini saat dikonfirmasi awak media yang melakukan liputan, Babinsa Koramil 05/Kampar Kiri Kodim 0313/KPR Pelda Priantono menjelaskan bahwa pelaksanaan operasi gabungan ini guna meningkatkan kedisiplinan masyarakat untuk tetap mematuhi dan mentaati penerapan protokol kesehatan dalam melakukan aktifitas diluar rumah terlebih ditempat keramaian seperti pusat perbelanjaan dan pasar tradisional.

“karena belakangan ini masyarakat seperti tidak menghiraukan lagi ancaman penyebaran penularan wabah virus corona (covid-19) yang hingga saat ini masih terus berlangsung, dan juga ini merupakan langkah dari pemerintah Kecamatan Kampar Kiri bersama kami TNI-Polri untuk menekan penyebaran covid-19 diwilayah Kecamatan Kampar Kiri”, ujarnya.

“kami mengajak mari bersama tertib dan disiplin menggunakan masker dan menjaga jarak serta menjaga kebersihan diri, pencegahan dimulai dari sendiri dan mari kita dukung segala kebijakan pemerintah dalam menanggulangi pencegahan penyebaran covid-19 ini”, tutupnya.

Sumber : Pendim 0313/ KPR

Editor : Ank