Tak Ingin Warga Rugi, Babinsa Monitoring PMK Terhadap Ternak Kambing Milik Warga

Tak Ingin Warga Rugi, Babinsa Monitoring PMK Terhadap Ternak Kambing Milik Warga

Pangkalan Kerinci -- Melaksanakan Komsos sekaligus lakukan pemantauan dan pengecekan kesehatan hewan ternak milik warga sebagai antisipasi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Menyambangi kandang Kambing milik warga binaan yang berlokasi di Desa Gondai Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan,Minggu (20/11/2022).

Kegiatan dilaksanakan oleh Babinsa Koramil 09/Langgam Kodim 0313/KPR Koptu Agustiar di antaranya melakukan himbauan kepada peternak untuk dapat menjaga kebersihan kandang dan lingkungan serta harus bisa mengenali gejala dan ciri-ciri hewan ternak yang tertular wabah PMK.

Menurut Agustiar kegiatan tersebut untuk mengantisipasi wabah PMK dengan melihat langsung hewan peternak yang kemungkinan adanya ciri-ciri hewan tersebut terjangkit wabah PMK, "ujarnya.

Karena itu, pihaknya mengimbau kepada peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya, serta mengantisipasi datangnya hewan ternak kambing dari wilayah lain.

“Warga jangan takut untuk tidak takut melaporkan ke petugas, jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, luka pada kuku (kuku terlepas), lepuh pada mulut, lepuh kepada instansi terkait,” tandasnya.

 

Sumber : Pendim 0313/Kpr

 

 

Editor : Ank