Tim Gabungan Himbau Warga Ikuti Protokol Kesehatan

Tim Gabungan Himbau Warga Ikuti Protokol Kesehatan

Rokan Hulu – Sertu Basridul Babinsa Koramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR bersama bersama Polres Rohul dan Satpol PP, menghimbau agar menggunakan masker dengan tepat.

Hal itu penting untuk mencegah penularan virus covid 19, jelas Sertu Basridul di Kelurahanpasir pengaraian Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu, Sabtu (07/11/2020).

Sertu Basridul mengingatkan pentingnya 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Jadi kalau tanpa memakai masker semua pasti tahu faktor yang mempengaruhi efektivitas masker itu tentunya adalah cara pemakaiannya, cara pelepasannya, cara kemampuan filtrasinya kalau kita menggunakan masker, katanya.

Seperti diketahui, jenis masker yang masyarakat gunakan sering dipakai saat ini adalah masker kain. Namun, kata Basridul penyaringan masker kain tidak lebih tinggi dibanding masker medis.

Meskipun, dari segi kemudahan bernafas tentunya masker kain lebih mudah untuk digunakan bernafas.

Kalau beda kurang lebih mirip biasanya lebih tergantung jenis kainnya. Tapi kalau yang N95 lebih pengap karena lebih tebal, penjaringannya lebih baik. Kalau ekonomisnya sudah pasti masker kain paling ekonomis dibanding N95, katanya.

Basridul menjelaskan syarat masker kain harus mempunyai kemampuan filtrasi yang baik setidaknya mendekati masker medis.

Dan utamanya harus menutupi bagian hidung, mulut dan dagu supaya tidak bocor. Jadi kalau menggunakan masker yang hidungnya masih kelihatan semuanya, tidak tepat, tuturnya.

Begitu juga kalau tidak menempel dengan baik di bagian pipi maupun dagu ataupun hidung bagian atas, maka akan bocor juga, tegasnya.

Lanjutnya, jadi itulah apa nama syaratnya masker punya harus ada mungkin bentuk klip sedemikian rupa sehingga dapat tertutup rapat Tapi tidak membuat pernafasan terganggu, tutupnya.

Sumber : Pendim0313/Kpr

Editor : Ank