Tim Gabungan Padamkan Kebakaran Lahan di Rohul

Tim Gabungan Padamkan Kebakaran Lahan di Rohul

Rokan Hulu - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih terjadi di sejumlah daerah di Provinsi Riau. Petugas gabungan dari TNI POLRI dan Masyarakat Peduli Api (MPA) berjibaku memadamkan api, agar kebakaran tidak semakin meluas. 

Peltu M. Sitepu Babinsa Koramil 10/Kunto Darussalam Kodim 0313/KPR menyebutkan, terdapat 1 titik api karhutla di Desa Bonai Kecamatan Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu yang dilakukan pemadaman. 

‘Benar, tadi kami tim gabungan melakukan pemadaman karlahut," jelas Peltu M. Sitepu, Senin (7/3/2022).

Menurutnya, sebagian besar api di permukaan sudah berhasil dipadamkan. Kebakaran ini rata-rata terjadi di lahan gambut, sehingga api cukup sulit dipadamkan. Saat ini tim melakukan upaya pendinginan, karena tanah masih mengeluarkan asap dari gambut yang terbakar. 

Tim melakukan pemadaman karena masih mengeluarkan asap tipis. Kondisi seperti ini tidak boleh ditinggal, karena dikhawatirkan api kembali menyala ke permukaan gambut," kata Peltu M. Sitepu. 

‘Tim terus berupaya memadamkan titik asap, agar tidak berdampak ke lingkungan masyarakat. Bisa kami pastikan untuk kondisi api saat ini telah padam," tutupnya.

Sumber : Pendim 0313/Kpr

 

 

Editor : Ank