Tim Saber Pungli Tangkap Kepala dan Sejumlah Anggota Satpol PP Kampar

Tim Saber Pungli Tangkap Kepala dan Sejumlah Anggota Satpol PP Kampar

 



BANGKINANG KOTA, homeriau.com - Beberapa orang pejabat di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kampar, diamankan oleh anggota Polda Riau, Kamis (7/12). Salah satunya adalah Kepala Satpol PP Kampar Muhammad Jamil.

Dari informasi yang didapat, ada tiga orang yang diamankan. Selain Muhammad Jamil, diamankan juga Bendahara Satpol PP, dan salah seorang Kasubag di Satpol PP.

Operasi tangkap tangan (OTT) ini, terjadi di Kantor Satpol PP Kampar, sekitar pukul 14.00 WIB. Kabar yang beredar, hal ini terkait pembayaran honor pengamanan anggota Satpol PP pada Porprov lalu. Diduga ada pungutan liar (pungli).

"Iya benar. Kabar yang saya dapat, soal pembayaran honor pengamanan Porprov dulu. Entah bagaimana ceritanya, saya juga tak tahu detail," kata salah seorang pejabat eselon III di Satpol PP Kampar, yang tak mau disebutkan namanya, saat dihubungi Kamis malam.

Dia juga tidak mengetahui pasti seperti apa kejadiannya. Berapa jumlah anggota Satpol PP yang dibawa, juga tak tahu. Saat ditanya apakah Kepala Satpol PP Muhammad Jamil juga dibawa, dia membenarkannya.

"Iya (Kepala Satpol PP) juga. Tapi diamankan dulu di Polres. Mungkin sebagai saksi. Kalau jumlahnya, sekitar empat atau enam orang. Saya tidak tahu pasti. Ada juga PPTK-nya. Kabarnya dari Polda yang turun," sebutnya.

Kapolres Kampar AKBP Deni Okvianto SIk melalui Kasat Reskrim Polres Kampar, AKP Fajri membenarkan adanya OTT. Namun katanya, pihak Polres Kampar hanya bersifat back up. "Ada 10 anggota kita yang back up tadi," ujarnya.

Namun, dia tak bisa menyebutkan detail penangkapan. Begitu juga siapa-siapa yang ditangkap, dia memilih untuk tertutup dulu. "Dari Polda. Nggak mungkin kita sampaikan. Silahkan tanya ke Polda," kata dia.

Berdasarkan pantauan homeriau.com pada Kamis malam, terlihat beberapa orang anggota Satpol PP mondar mandir di dari ruang penyidik Reserse Kriminal Polres Kampar. Para anggota Polres Kampar juga terlihat sibuk saat itu.

Di salah satu ruangan penyidikan, dengan menggunakan kaos kerah berwarna merah, terlihat samar-samar dari balik kaca, Muhammad Jamil sedang diperiksa.hr/yl

 

Editor : HomeRiau