Tingkatkan Kemampuan dan Ketangkasan Prajurit Kodim 0313/Kpr Laksanakan Garjas

Tingkatkan Kemampuan dan Ketangkasan Prajurit Kodim 0313/Kpr Laksanakan Garjas

Bangkinang – Guna meningkatkan kemampuan, ketangkasan serta kebugaran Prajurit, Kodim 0313/KPR melaksanakan tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik Semester I TA 2023 yang diselenggarakan di Stadion Tuanku Tambusai Bangkinang, Kab. Kampar, Selasa (09/05/2023).

Kegiatan ini adalah program rutin dari komando atas angkatan darat, dengan tujuan untuk mengecek serta meningkatkan kemampuan fisik para prajurit TNI - AD khususnya Kodim 0313/KPR, sehingga dalam menjalankan tugas pokoknya bisa berjalan dengan lancar dan maksimal.

Dalam pelaksanaan Samapta ini, meliputi Samapta A dan B. Samapta A yaitu lari dengan waktu 12 Menit yang dilaksanakan di Track Lari Lapangan Tuanku Tambusai Bangkinang Kota dan tes kesegaran B meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up selama 1 menit, dan Shuttle Run serta materi ketangkasan Renang dasar Militer di Kolam renang Stanum Bangkinang.

Sebelum melaksanakan kegiatan kesamaptaan tersebut, personel terlebih dahulu dicek tensi dan kesehatannya oleh Tim Kesehatan Kesdim 0313/KPR dan dilanjutkan dengan pengisian blangko Samapta serta mendapat pengawasan dari Tim Jasrem 031/Wirabima.

Kemudian Tim Jasmani Korem 031/WB, Serma Sambungan Sinaga pada pengarahan singkatnya kepada peserta semapta mengatakan bahwa, pelaksanaan Samapta Periodik Semester I ini agar benar-benar memperhatikan faktor keamanan, dan keselamatan apabila ada yang tidak sanggup segera disampaikan kepada penyelenggara sehingga pelaksanaan Samapta tersebut dapat berjalan aman dan lancar.

Dandim 0313/KPR, Letkol Arh Muliyadi. S.I.P yang di wakili PJS Kasdim Mayor Inf Indra M. Samosir, mengatakan, “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan membina kemampuan Fisik serta mengukur kemampuan para personel, dalam menunjang pelaksanaan tugas pokok TNI AD terutama di wilayah Kodim 0313/KPR”, 

“ Selain itu tes kesegaran jasmani ini juga merupakan suatu program yang harus dilaksanakan oleh setiap prajurit TNI AD khususnya prajurit Kodim 0313/KPR dan untuk menunjang bagi prajurit yang akan melaksanakan usul kenaikan pangkat, maupun sebagai kelengkapan adminitrasi mengikuti pendidikan dalam alih golongan, serta program lainya. Untuk itu, apabila ada waktu kegiatan pembinaan fisik ini harus dilatihkan secara teratur”, ujarnya.

Dan terahir Kasdim juga menekankan kepada seluruh anggota yang akan melaksanakan tes kesegaran jasmani, agar tetap memperhatikan faktor keamanan diri sendiri, jangan sampai terjadi hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri, karena yang paling tahu tentang kesehatan kita adalah diri kita sendiri, tutupnya.

 

Sumber : Pendim 0313/Kpr

 

 

Editor : Ank