Tinjau Lokasi, Babinsa Koramil 16/Tapung Dampingi Tim BPBD Cek Jembatan Amblas di Tapung Hilir

Tinjau Lokasi, Babinsa Koramil 16/Tapung Dampingi Tim BPBD Cek Jembatan Amblas di Tapung Hilir

Tapung Hilir,– Hujan seharian yang mengguyur wilayah Kecamatan Tapung Hilir dan sekitarnya telah menimbulkan dampak kerusakan infrastruktur. Salah satunya di Desa Kota Bangun dan Desa Cinta Damai dimana 2 buah jembatan penghubung desa tersebut tergerus air banjir dan kondisinya jembatan ambles sehingga jembatan tak bisa digunakan, hal ini telah menimbulkan lumpuhnya akses tranportasi yang menghubungkan Desa Kota Bangun dan Desa Cinta Damai dengan wilayah lainya.

Terkait kejadian tersebut, Pelda Heri Asmara dan Serka Alfajri Babinsa Koramil 16/Tapung Kodim 0313/Kampar mendampingi Tim BPBD Kabupaten Kampar melakukan peninjauan ke lokasi jembatan yang ambles lokasinya berada di Dusun Karangjati RT. 04/RW. 03, Desa Kota Bangun dan Desa Cinta Damai, Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Rabu (27/12/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kabid BPBD Kabupaten Kampar bapak Yusnizar beserta anggota, Camat Tapung Hilir bapak Nurmasyah S.STP, kapolsek Tapung Hilir Akp Jurfredi SH beserta anggota, Babinsa Pelda Heri Asmara dan Serka Alfajri, Kades Kota Bangun bapak Sayugi dan Kades Cinta Damai bapak Legiman S.A.P.

Babinsa mengatakan bahwa dampak hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Tapung Hilir telah membuat ke dua jembatan ambles kondisinya nyata dilapangan sayap jembatan ambles dan jembatan ambruk karena terkikis air dan arus deras sungai.

“Jembatan Desa Kota Bangun ini merupakan akses utama bagi warga Desa Kota Kota Bangun menuju Desa Tapung Lestari dan 8 Desa lainnya sedangkan jambatan Desa Cinta Damai akses menuju Desa Beringin Lestari dan Tandan Sari,  jadi tujuan dari Tim BPBD Kampar datang ke lokasi untuk melihat langsung kondisi jembatan guna melakukan upaya penanggulangan pasca bencana, dan mendata kerusakan yang ada untuk selanjutnya akan dilakukan upaya perbaikan jembatan agar akses tranportasi bisa tetap berjalan,” kata Babinsa.

Babinsa juga menambahkan BPBD Kabupaten Kampar sesuai kapasitasnya dalam penanggulangan bencana tentu akan mengambil tindakan cepat untuk mengatasi kondisi ini.

“Dari peninjauan jembatan yang rusak, akibat banjir ini dari BPBD Kabupaten Kampar rencana akan dilakukan perbaikan, intinya dari pemerinatah akan berusaha agar jembatan ini bisa segera digunakan kembali,” pungkas Babinsa.

 

 

Editor : Ank