TNI Polri Bersama Masyarakat Berjibaku Padamkan Api Kebakaran Lahan Gambut

TNI Polri Bersama Masyarakat Berjibaku Padamkan Api Kebakaran Lahan Gambut

Pelalawan - Anggota Koramil 15/Kuala Kampar dan Tim gabungan bersama dengan masyarakat berjibaku mengatasi terjadinya Karhutla di Lingkungan 2 Air Kuning Kelurahan Kerumutan Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan, Selasa (01/09/2020).

Babinsa Kelurahan Kerumutan Sertu Hermansyah mengatakan bahwa pihaknya harus berjibaku cukup lama dengan api dan asap guna memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di lokasi tersebut.

"Status lahan tersebut tidak diketahui siapa pemiliknya, untuk keadaan lahan semak belukar dan tanah gambut dengan kedalam 3 meter, diduga karena lahan berbatas dengan kanal perusahaan ada masyarakat yang mencari/memancing ikan dan kemungkinan membuang puntung rokok sembarangan.

Maka kami berharap kepada masyarakat agar berhati-hati kalau membuang puntung rokok, yakinkan mati terlebih dahulu puntung rokoknnya, baru meningglkan tempat, karena kalau terjadi karlahut dampaknya sangat berbahaya," katanya.

Lanjutnya bahwa selain mengganggu kesehatan khususnya pernapasan masyarakat sekitar, dampak yang ditimbulkan kebakaran hutan dan lahan yang masif dapat berdampak secara Nasional bahkan Internasional.

Babinsa Hermansyah juga menyampaikan imbauan kepada seluruh lapisan masyarakat diwilayah binaannya Kelurahan Kerumutan khususnya dan Kecamatan Kerumutan umumnya agar dimusim panas ini, mari kita sama-sama saling menjaga bersinergi satu sama lain agar tidak terjadi karlahut di daerah kita, tutupnya."

Sumber : Pendim 0313/KPR

Editor : Ank