Uji kemampuan Fisik Prajurit, Kodim 0313/KPR Laksanakan Tes Kesegaran Jasmani

Uji kemampuan Fisik Prajurit, Kodim 0313/KPR Laksanakan Tes Kesegaran Jasmani

SALO - Dalam rangka meningkatkan kemampuan fisik prajurit, Kodim 0313/KPR melaksanakan tes kesegaran jasmani (Garjas) periodik I. tahun 2024 yang dilaksanakan di Lapangan Jaya Raga, Yonif 132/Bima Sakti, Di Desa Salo, Kec. Salo, Kab Kampar, Riau,  Pada Selasa (07/05/24).

Tes kesegaran jasmani merupakan program dari komando atas, yang bertujuan untuk mengecek sampai dimana kemampuan fisik para prajurit TNI AD Khususnya Kodim 0313/KPR sehingga dalam pelaksanaan tugas pokok ke depan dapat berjalan lancar dan maksimal.

Menurut Jadwalnya  pelaksanaan tes garjas periodik I TA 2024  Ini akan di laksanakan selama 2 hari, yaitu Hari ini dan besok yang diikuti oleh seluruh personil Bintara, Tamtama Dan PNS Kodim 0313/ KPR. Termasuk didalam nya personil yang akan melaksanakan UKP. 

Adapun Garjas yang di laksanakan meliputi tes kesegaran “A” yaitu melaksanakan lari dengan waktu 12 Menit, dan tes kesegaran “B” meliputi gerakan pull up, sit up, push up,dengan durasi waktu 1 menit, serta shuttle run. Selain itu, juga dilaksanakan tes ketangkasan berupa renang gaya dada jarak 50 meter.

Sebelum melaksanakan tes Garjas, seluruh peserta melaksanakan pengecekan kesehatan oleh tim kesehatan dari Poskesdim 0313/ KPR, dengan melakukan pengukuran tensi dan denyut nadi, untuk memastikan bahwa para peserta siap melakukan tes Garjas. 

Setelah semua tahapan selesai, para peserta melaksanakan peregangan, serta pemanasan agar tidar terjadi kram pada saat pelaksanaan tes Garjas. 

Pelaksanaan tes Garjas tersebut diawasi langsung oleh tim jasmani Korem 031/Wira Bima. "Perhatikan faktor keamanan, apabila ada masalah pada saat pelaksanaan, silahkan laporkan. Karena yang tahu kondisi kita adalah kita sendiri," ungkap Serka Harun, sebagai tim jasmani Korem.  saat memberi arahan. 

Hal senada juga di ungkapkan oleh Kasdim 0313/ KPR Mayor Inf Hendri Donan, dirinya menekankan kepada para peserta untuk melaksanakan kegiatan tes Garjas dengan maksimal, karena hal ini dapat menunjang bagi prajurit yang akan melaksanakan Usul Kenaikan Pangkat. 

"Laksanakan kegiatan ini dengan serius dan penuh semangat, dengan mengutamakan faktor keamanan, ikuti semua yang diinstruksikan tim penguji agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga maupun satuan," pesannya. 

"Mari kita berdoa semoga pelaksanaan tes Garjas mulai dari awal hingga selesai, dapat berjalan aman, tertib dan lancar," tambah kasdim..

 

 

Editor : Ank