Upacara HUT Provinsi Riau Ke-61 di Kabupaten Kampar berlangsung Khidmat

Upacara HUT Provinsi Riau Ke-61 di Kabupaten Kampar berlangsung Khidmat


Bangkinang Kota, homeriau.com - Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Propinsi Riau Ke- 61 Tahun 2018 yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Kampar berlangsung khidmat, upacara dilaksanakan dilapangan Pelajar Bangkinang Kota, Kamis(9/8)

Pada upacara HUT Propinsi Riau Ke-61 bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto SH , pemimpin upacara Kabag Protokol dan Humas M.Farid Ridha SSTP M.Si, pembaca visi Riau Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kampar Drs Samsul Bahri M.Si, sedangkan Pembaca Misi Riau Kepala Dinas Pariwisata Zulia Darma.

Turut Hadir pada upacara Forkopimda Kampar, Sekda Kampar Drs Yusri, M.Si, Staf Ahli, Asisten, Seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri serta perwakilan Sekolah Menengah Atas Kabupaten Kampar serta undangan lainnya.

Dalam pembacaan Pidato Gubernur Riau Arsyadjualiandi Rahman, Wabup menekankan bahwa Kita harus melihat kembali kilas balik lahirnya Provinsi Riau enam puluh satu silam bersama-sama Tokoh-tokoh Riau yang begitu gigih berjuang untuk menetapkan Riau sebagai provinsi di pulau Sumatera dan juga bagian Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

“Perjuangan Tokoh-tokoh Riau kala itu sungguh pun menjadi suri tauladan bagi kita semua, bahwa semuanya ini untuk kemaslahatan masyarakat Riau sendiri” ucap Catur Sugeng. 

Disisi lain Wabub juga mengatakan Dengan peringatan Hari Jadi ini sejatinya memberi ruang bagi anak negeri untuk berpacu mewujudkan Riau yang makmur dan sejahtera. Sejalan dengan visi Riau 2025, yakni “Terwujudnya Provinsi Riau sebagai Pusat Perekonomian dan Kebudayaan Melayu dalam Lingkungan Masyarakat yang Agamis, Sejahtera Lahir dan Batin di Asia Tenggara Tahun 2025”.

Dalam Pidato Gubernur Riau tersebut Catur juga mengungkapkan hal yang mustahil untuk kita wujudkan. Provinsi Riau dalam kurun waktu 2014-2017 telah mampu memperbaiki ketimpangan pendapatan antara kelompok masyarakat, yang digambarkan dengan Indeks Gini Rasio Provinsi Riau yang mengalami penurunan dari 0,379 menjadi 0,325 atau tergolong dalam kategori relatif merata. 

Selain itu Wabub menyampaikan kemajuan yang dicapai Provinsi Riau dalam penanggulangan kemiskinan selaras dengan capaian SDG’s 2017 pada pencapaian sebesar 7,41% atau menurun sebesar 1,41% dari tahun 2015.

Perkembangan investasi di Provinsi Riau dari tahun 2014 menunjukkan trend yang positif, dimana realisasi investasi PMDN pada tahun 2014 sebesar 7,77 Triliun Rupiah, meningkat menjadi sebesar 10,83 Triliun Rupiah pada tahun 2017, sedangkan PMA terjadi penurunan, dimana pada tahun 2014 sebesar 1.369,56 juta US$ menjadi 1.061,10 Juta US$ pada tahun 2017. 

Sejalan dengan telah ditetapkannya Peraturan Daerah Nomor 10 tahun 2018 tentang RTRW Provinsi Riau, maka diharapkan ke depan investasi ini akan semakin meningkat. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Riau tergolong kategori tinggi (71,79) dengan nomor 6 tertinggi secara nasional. 

Dalam kesempatan itu pula Catur juga menyampaikan tema Hari Jadi ke 61 Provinsi Riau Tahun 2018 ini “Pendayagunaan Sumber Daya Perairan untuk Kemakmuran” dengan tagline “Transformasi Menuju Kemakmuran”. Tema tersebut harus mampu kita wujudkan dengan mengembangkan potensi-potensi perairan yang begitu luas oleh anak negeri ini. 

Wakil Bupati Catur Sugeng Susanto SH saat diwawancari media setelah pelaksanaan upacara singkatnya mengucapkan selamat atas Hari Jadi Provinsi Riau ke 61.

“Kabupaten Kampar mengucapkan Tahniah Provinsi Riau ke-61 semoga kedepan Provinsi Riau semakin maju dan sukses membangun Provinsi Riau lebih baik Lagi, dan Pemerintah Kabupaten Kampar selalu mendukung seluruh program yang dicanangkan” ucap Catur Sugeng Susanto. (Humas)

Editor : HomeRiau