Warganya Positif Covid-19, Babinsa Koramil 16/Tapung Dampingi Nakes Laksanakan Swab Antigen

Warganya Positif Covid-19, Babinsa Koramil 16/Tapung Dampingi Nakes Laksanakan Swab Antigen

Tapung Hilir, - Serka Candra Putra Babinsa Koramil 16/Tapung Kodim 0313/Kampar melakukan pendampingan terhadap Tenaga Kesehatan (Nakes) dari Puskesmas Tanah Tinggi melaksanakan contact tracing (pelacakan kontak erat) Covid-19 ke rumah-rumah warga di Desa Kijang Makmur Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Rabu (09/3/2022).

Contact tracing dilakukan karena ada warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Turut hadir pada kegiatan tersebut tenaga kesehatan Puskesmas Tanah Tinggi dan Babinsa serta perangkat Desa Kijang Makmur.

Menurut Babinsa, contact tracing menjadi hal wajib bagi Satgas Penanggulangan Covid-19 dalam rangka memutus mata rantai penularan virus Corona.

“Pelaksanaan tracing dan rapid antigen diawali dengan penyampaian edukasi kepada peserta test rapid antigen oleh Bidan Desa dan Tim Medis Puskesmas, kemudian dilanjutkan test rapid antigen oleh petugas dengan pengambilan swab nasofaring/hidung,” ujar Babinsa.

Sementara itu Nakes Tanah Tinggi melakukan test rapid antigen terhadap kontak erat dengan pasien terkonfirmasi Covid-19 sebagai langkah antisipasi dalam rangka upaya pencegahan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Ada 2 orang yang di-test rapid, dan alhamdulillah tidak ditemukan yang reaktif ” tutur Babinsa.

Sumber : Pendim 0313/Kpr

 

 

Editor : Ank