PT RAPP Di Kunjungi Perhumas Muda Riau

PT RAPP Di Kunjungi Perhumas Muda Riau

Pelalawan, Homeriau.com - Pengurus Perhumas Muda Riau gelar kunjungan Selasa, 19 Desember 2017 ke komplek PT. RAPP, Pangkalan Kerinci, Pelalawan. Rombongan yang dipimpin oleh Taufik Hidayat disambut baik dan diterima oleh Humas PT. RAPP Budi Firmansyah.

Dalam kegiatan itu pengurus tidak hanya bersilaturahmi, namun berkesempatan belajar mengenal sejarah, cikal bakal hingga perkembangan perusahaan yang berinduk di bawah Raja Garuda Emas (RGE). Sebelum berdirinya PT. RAPP, terlebih dahulu Sukanto Tanoto muda mendirikan PT. Raja Garuda Mas di tahun 1973. 20 tahun kemudian, pada tahun 1993 di wilayah Pangkalan Kerinci yang masa itu masih wilayah Kabupaten Kampar didirikanlah PT. RAPP pusat perindustrian kertas terbesar di dunia dengan pepar one sebagai produk andalannya.


"Tidak hanya kertas, beberapa produk yang terbuat dari serat kayu seperti baju, tisu, kain dll juga mengambil bahan baku serat kayu dari perusahaan ini" ujar Pemandu Eny saat mengelilingi Ekshibition RGE Centre.

Puas mengelilingi Ekshibition RGE Centre, rombongan diajak menuju Kerinci Central Nursery (KCN) tempat pembibitan dan pertumbuhan akasia muda. Disana, rombongan dipandu untuk melihat langsung bagaimana cara pembibitan, pertumbuhan dan perkembangan akasia hingga siap untuk dikirim ke lapangan menuju proses penanaman. 

"Untuk diketahui, RAPP sendiri sudah sejak tahun 1994 melarang membuka lahan dengan api. Untuk itu, dilakukan penebangan dengan sistem tanam kembali. Tebang tanam, tebang tanam," imbuh Eny.

Tidak cukup sampai disitu, rombongan dijamu makan siang bersama di Hotel Unigraha, Pangkalan Kerinci.

Ketua Umum Perhumas Muda Riau Taufik Hidayat mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan ini.  "Ini merupakan pengalaman luar biasa, tidak sekedar mendengar namun kita berkesempatan menyaksikan langsung di lapangan seperti apa dan bagaimana segala prosesnya," ujar Taufik.

Ia berharap kerjasama seperti ini tidak putus sampai disini. "Semoga kedepannya kita semua masih dapat kesempatan belajar dilain wakt,u" tutup mahasiswa UMRI ini.Hr/r 

Editor :