Begini Cara PT RAPP Mencegah Karhutla di Musim Kemarau

Begini Cara PT RAPP Mencegah Karhutla di Musim Kemarau

 

 

 

homeriau.com - Untuk menghadapi musim kemarau yang melanda sebagian besar wilayah di provinsi Riau dan mencegah agar tidak terjadi kembali kebakaran hutan dan lahan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), siapkan personil lengkap dan pelatihan kusus bagi masyarakat di seluruh wilayah areal yang ada.

PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) adalah salah satu perusahaan yang punya komitmen besar dalam menjaga agar tak terjadi karhutla di Riau.  Perusahaan di bawah APRIL Group ini telah lima tahun melaksanakan  Program Desa Bebas Api  atau Fire Free Village Programme (FFVP) yang efektif menekan angka karhutla di  Riau.

Digagas sejak 2014, FFVP merupakan respon PT RAPP dan APRIL Group terhadap anjuran pemerintah, termasuk Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Polri, TNI, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk  ambil bagian dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla.

APRIL Group, dalam hal ini lewat RAPP, dalam mencegah karhutla, mengajak dan menumbuhkan kepedulian masyarakat yang tinggal di desa-desa sekitar wilayah operasionalnya akan bahaya dan dampak dari api, terutama penggunaan metode tebang bakar (slash and burn) untuk membuka lahan pertanian.

 

Selain kelengkapan personil dan alat pemadam, RAPP juga komit dalam upaya pencegahan melalui program Desa Bebas Api sejak tahun 2014 yang telah menjangkau sebanyak 600 ribu hektar lahan terselamatkan dari kebakaran.

tak hanya itu saja, sebagai bentuk keseriusannya PT RAPP telah menginvestasikan dana sebesar 9 juta dollar AS,  memiliki 920 tim reaksi cepat, 260 personil fire fighter profesional dengan peralatan lengkap, dan menyediakan nomor telepon hotline 24 jam, +62 811 707 2121, bagi masyarakat yang ingin melaporkan karhutla yang terjadu di dalam atau sekitar konsesi perusahaan.

Tim

Editor : HomeRiau