Bupati Alfedri Perkenalkan Siak Kabupaten Hijau Di Jambore Nasional

Bupati Alfedri Perkenalkan Siak Kabupaten Hijau Di Jambore Nasional

Siak - Pramuka Peduli Pelestarian Lingkungan Hidup adalah wadah kepedulian Pramuka dalam mewujudkan konservasi sumberdaya alam dan pelestarian lingkungan hidup. di Kabupaten Siak sendiri kami terus berinovasi bersama Gugus Depan (Gudep) serta mengajak 21 MGO untuk bagaimana mengola sampah dengan baik, pelestrian lingkungan, air bersih dan hidup sehat dan bagaimana mengurangi pemanasan global dengan merumuskan kebijakan-kebijakan dibuat salah satunya Siak Kabupaten Hijau.

Hal ini disampaikan Bupati Siak Alfedri saat menjadi narasumber pada rangkaian acara Kampung pengembang Berkelanjutan di Lapangan Utama Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) 

"Terkait itu dikatakan Alfedri, Pramuka dapat berkontribusi dalam pelestarian lingkungan dimana Pramuka Peduli Pelestarian Lingkungan Hidup harus berperan aktif dalam gerakan Pelestarian Lingkungan Hidup melalui berbagai kegiatan dengan memberdayakan potensi Gerakan Pramuka, instansi pemerintah, dan swasta serta elemen masyarakat".demikian disampaikan Bupati Siak di Lapangan Utama Bumi Perkemahan dan Graha Wisata, Senin (15/08/2022) dihadapan Unsur Kwarnas GP Kak Irawan Laliasa, Praktisi Permakultur pemilik dan pengelola bumi macaka Irman Sudiana, Moderator Widya Sukma, Putri Sultan Jogjakarta Gusti Mangkubumi.

Tujuan dari Siak Kabupaten Hijau sendiri untuk Pengelolaan Sumber daya alam untuk kepentingan masyarakat, meningkatkan perekonomian masyarakat dan PAD, serta Pola Pemanfaatan Sumber Daya Alam daerah dilakukan melalui kegiatan Konservasi, Hilirisasi dan Intensifikasi.

"Komitmen Pemerintah Kabupaten Siak terhadap kelestarian lingkungan terus kami perkuat dengan melestarikan pariwisata hijau (green tourism), industri hijau, dan kedepan Pemkab Siak ingin membangun green hospital dan hospital toursim, dan juga kedepan kami ingin sekolah di Kabupaten Siak menjadi sekolah ramah anak dimana SMP 06 Kandis mendapat peringkat terbaik I Nasional sebagai seolah ramah anak".Ujar Bupati Siak

Jambore Nasional Pertama kali Di Temukan Oleh Guntur Alexsander . adalah pertemuan pramuka penggalang se-Indonesia dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Nasional, pada pembukaan Jambore Nasional ke-61 dibuka oleh Komjen Pol (Purn) Budi Waseso, para pejabat negara, Para Gubernur dan Kepala Daerah se-Indonesia.

Bupati Siak juga memberikan pesan kepada peserta jambore nasional agar tetap semangat dalam mengikuti kegiatan pramuka karena dengan kegiatan pramuka diharapkan anak-anak bisa terbentuk karakter dan jiwa tanggung jawab yang tinggi dan terhindar dari pengaruh negatif dari perkembangan zaman. 

Pada Jambore Nasional di Cibubur ini, Kabupaten Siak membawa peserta sebanyak 16 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 8 perempuan yang masing-mmasing didampingi 1 Kuartir Maker dan 1 unsur pimpinan yaitu Plt. Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak.**

 

 

Editor : Ank