Dari Hasil Penyelidikan Polisi Ada 16 CCTV di Istana Siak, Namun Hanya 4 Yang Berfungsi

Dari Hasil Penyelidikan Polisi Ada 16 CCTV di Istana Siak, Namun Hanya 4 Yang Berfungsi

 

 

SIAK, homeriau.com - Pasca dibakarnya patung musyawarah yang berada diruangan tengah istana kebanggaan masyarakat Kabupaten Siak oleh Orang Tak Dikenal (OTK), Senin (8/1/2018). warga mempertanyakan keberadaan kamera pengintai atau Closed Circuit Television (CCTV) di Istana tersebut. 

Pasalnya, istana bersejarah yang memiliki banyak barang-barang peninggalan bersejarah sultan Siak didalamnya tentu saja dilengkapi dengan kamera CCTV sebagai salah satu bentuk pengamanan dari hal-hal yang tak diinginkan seperti kejadian saat ini. 

"Kenapa gak dilihat dari CCTV nya saja, kan pasti ada CCTV nya," ujar Rita salah satu pengunjung istana Siak. 

Saat dikonfirmasi, Kasat Reskrim Polres Siak, AKP Hidayat Permana SIK menyebutkan CCTV di Istana Siak berjumlah 16 unit dan hanya 4 unit yang dapat berfungsi. 

"Ada 16 CCTV, tapi hanya 4 yang beroperasi, dan yang 4 ini pun tidak terfokus pada objek, jadi menghadap ke atas dia, jadi kita tidak bisa dapatkan informasi," jelasnya. 

Lanjutnya, pelaku pembakaran diduga masuk melalui pintu samping istana. Pada saat kejadian didalam istana ada sekitar 15 orang pengunjung serta 10 orang penjaga istana. 

Dari hasil pemeriksaan di TKP, didapatkan barang bukti botol bekas air mineral berukuran sedang yang  diduga berisi bahan bakar, kain yang digunakan patung pengawal sultan yang terbakar, kain gorden berwarna merah yang sudah terbakar setengahnya.hr/yy

 

Editor : HomeRiau