Lantik Ibu Ibu PKK Se Kecamatan Pusako, Ini Pesan yang Disampaikan Rasidah Ketua TP PKK Siak

Lantik Ibu Ibu PKK Se Kecamatan Pusako, Ini Pesan yang Disampaikan Rasidah Ketua TP PKK Siak

SIAK - Ibu-ibu baru saja dilantik sebagai Ketua Tim Penggerak PKK, artinya adalah ibu sebagai ketua wanita yang ada di kampung ibu masing-masing. Peran ibu adalah sebagai penggerak dari semua kegiatan-kegiatan program-program yang dilaksanakan di kampung ibu.

Hal tersebut disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Siak saat menghadiri Pelantikan dan serah terima jabatan TP PKK Kampung dan pelantikan Bunda Paud Kampung se-kecamatan Pusako, di aula kantor Camat Pusako, Kamis (25/1/2024).

Lebih lanjut Rasidah mengajak agar ketua PKK Kampung selalu melakukan pembinaan, baik kepada masyarakat, kader posyandu dan kader dasa wisma. Agar nanti didukung dalam melaksanakan program-program kegiatan terutama pelaksanaan 10 program pokok PKK.

“Saya berpesan kepada ibu-ibu yang baru dilantik agar tidak bosan-bosannya melakukan pelatihan kepada masyarakat ibu dalam melaksanakan 10 program pokok PKK,” katanya.

Istri Bupati Siak itu mengingatkan agar tidak terjadi pergantian pengurus karena pergantian ketua PKK. Hal ini disebakan sudah dilakukan pelatihan, baik secara kolektif Kecamatan maupun oleh tim penggerak PKK Kabupaten. 

Kata dia, dalam menyusun program kerja hendaknya disesuaikan dengan program prioritas PKK. Untuk panduannya tertuang dalam buku panduan hasil Rakernas ke IX PKK 2021.  

Disetiap kampung Rasidah selalu berpesan untuk mengaktifkan kembali kelompok-kelompok Dasa Wisma karena selama ini banyak sekali kelompok-kelompok yang itu tidak aktif.

“Dasa Wisma ini bukan membuat kebun ya ibu-ibu. Kadang-kadang kita salah paham, tujuan kelompok dasa wisma ini adalah membantu kelancaran tugas-tugas pokok dan program PKK. selain itu melakukan pendataan dan ibu-ibu bisa melaksanakan berbagai kegiatan-kegiatan dan program kerja di kelompok masing-masing,” jelas Rasidah.

Ia menegaskan, keberadaan PKK benar-benar sesuai dengan visi PKK yaitu mewujudkan keluarga yang cerdas sehat berdaya beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa menuju Indonesia maju 2024. 

“Jadi saya minta program-program yang kami buat memang mengacu pada hasil Rakernas yang ke-9 tersebut atau tadi apa yang menjadi kebutuhan bagi masyarakat benar-benar menjadi mitra daripada pemerintah,” ucapnya.

“Selamat bekerja kepada ibu-ibu Ketua PKK Kampung dan Bunda PAUD Kampung yang telah dilantik. Semoga amanah dan bisa menjalankannya dengan baik,” imbuhnya lagi. 

5 Ketua TP PKK Kampung yang dilantik dari Kampung Sungai Berbari, Sungai Limau, Benayah, Penasaran, Perincit kemudian 7 orang dikukuhkan menjadi Bunda Paud Kampung se kecamatan Pusako.

Sebelumnya kegiatan yang sama sudah dilaksanakan di kecamatan Sabak Auh, Lubuk Dalam, dan Kerinci Kanan.

 

 

Editor : Ank