Mahasiswa KKN UMRI Sosialisai Pengembangan Salak Pondoh Jadi Produk UMKM

Mahasiswa KKN UMRI Sosialisai Pengembangan Salak Pondoh Jadi Produk UMKM

Siak - Mahasiswa KKN Umri kelompok 38 mengadakan kegiatan sosialisasi serta praktek dalam pengembangan UMKM pada Minggu pagi (18/09/2022). Kegiatan ini dilaksanakan di aula kantor desa Kampung Banjar Seminai dan dihadiri ibu-ibu PKK.

Seperti yang diketahui bahwa desa Kampung Banjar Seminai merupakan salah satu desa yang memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yaitu buah salak pondoh, khususnya pada dusun Banjar Agung. Kegiatan ini merupakan program kerja dari mahasiswa KKN 38 agar dapat terwujudnya UMKM dengan memberdayakan salak pondoh dengan cara mengolah buah salak menjadi bolu dan selai salak. 

Dalam kegiatan ini diawali dengan sosialisasi terlebih dahulu, kemudian langsung dipraktekkan oleh Ibu-Ibu PKK dan didampingi oleh beberapa Mahasiswa KKN.

Tahap yang pertama, yaitu pembuatan kue bolu salak, tahap yang kedua, yaitu pembuatan selai salak. Dan tahap yang ketiga, yaitu pengemasan dan logo, hal ini bertujuan agar produk terlihat lebih menarik konsumen dan menjadi ciri khas Kampung Banjar Seminai.

Dengan adanya kegiatan ini Mahasiswa KKN Umri kelompok 38 berharap, semoga UMKM di desa Kampung Banjar Seminai terus berkembang dengan adanya inovasi dari buah salak tersebut.**

 

 

Editor : Ank