Pasangan AYO Komit Sediakan Air Bersih untuk Masyarakat Meranti Ket Foto : Cagub Riau Arsyadjuliandi Rachman

Pasangan AYO Komit Sediakan Air Bersih untuk Masyarakat Meranti

Meranti, Homeriau.com - Pasangan Arsyadjuliandi Rachman -Suyatno (AYO) komit menyediakan air bersih secara bertahap untuk warga Kabupaten Kepulauan Meranti.

Komitmen ini disampaikan cagub Riau nomor empat Arsyadjuliandi saat kampanye dialogis di Dusun Perumbi, Desa Banglas Barat, Kecamatan Tebing Tinggi, Selasa, (6/3/2018).

Sumarti, warga desa tersebut mengadu ke Andi Rachman terkait air bersih. Saat ini warga menggunakan air baku gambut untuk mandi dan cuci. Saat kemarau tentu saja air sumur ini akan kering.

"Jadi kami minta pak, disediakan air bersih yang juga bisa diminum," ungkapnya.

Merespon hal tersebut Andi  Rachman mengatakan InsyaAllahi memang sudah menjadi komitmen pasangan AYO menyediakan air bersih untuk masyarakat termasuk di wilayah pesisir.

Andi mengatakan Pilot Project pengolahan air bersih di lahan  gambut ini sudah ada di Desa Kondur, Tebing Tinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti. Februari lalu, sewaktu belum cuti, ia sendiri yang meresmikan Pilot Project tersebut. Memang project tersebut masih dibiayai APBN. Kalau berjalan lancar dan baik, ia melanjutkan program tersebut dengan pembiayaan dari APBD Provinsi Riau.

"Kita lihat ya bapak bapak ibu ibu setahun ini. Kalau pilot project itu berjalan lancar, InsyaAllah akan kita lanjutkan di desa desa lainnya," ujarnya.

Penyediaan air bersih di Desa Kondur tersebut dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Jadi, airnya ada yang dialokasikan untuk kebutuhan masyarakat secara gratis. Ada pula yang dikomersilkan dengan harga terjangkau untuk menghidupi BUMDes.Hr/r

Editor :