Peringati HUT LTKL Ke 6, Wabup Husni Selamat Bekerja Kepala Sekretariat Baru

Peringati HUT LTKL Ke 6, Wabup Husni Selamat Bekerja Kepala Sekretariat Baru

Tangerang Selatan - Rapat Umum Anggota Lingkaran Temu Kabupaten Lestari (LTKL) tahun 2023 pada Jum'at malam kemarin berjalan lancar, perwakilan kabupaten anggota LTKL telah menetapkan Restika Putri Istanti sebagai kepala Sekretariat LTKL terpilih periode 2023-2026.

Kepala Sekretariat LTKL terpilih Restika Putri Istanti mengantikan Gita Syahrani yang telah berakhir masa jabatannya pada periode Juli ini 2023. Sebelumnya Gita menggawangi Sekretariat LTKL dua periode.

Wakil Bupati Siak Husni Merza mewakil Bupati Siak Alfedri sebagai Wakil Ketua Umum LTKL menyampaikan rapat umum anggota (RUA) LTKL merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi dalam penyelenggaraan organisasi, khususnya untuk menentukan berbagai keputusan penting serta memberikan arah perencanaan, kebijakan dan program kerja organisasi.

"Hari ini LTKL telah menetapkan dan mengesahkan dalam sidang RUA berbagai program dan rencana aksi akan di kawal kedepannya. Terimakasih kami ucapkan kepada kebupaten anggota LTKL, jejaring mitra, dewan pembina dan pengawas Apkasi serta para tamu undangan yang telah membantu terlaksananya penyelenggaraan acara ini, sampai akhir"kata Wabup Husni di Indonesia Convention Exhibition (ICH) BSD Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Jum'at malam lalu.

Wabup Husni menjelaskan LTKL saat ini telah berusia 6 tahun. Usia 6 tahun bagi manusia merupakan fase hidup yang penuh harapan dan cita-cita. Oleh karenanya, inilah waktu bergerak sesungguhnya dimana LTKL harus mampu menjadi pemimpin dalam menawarkan berbagai konsep dan gagasan pembangunan lestari untuk tujuan LTKL 20230.

"Target 2030 berhasil menjaga 50 persen hutan, gambut dan ekosistem penting di kabupaten serta mensejahterakan 1 juta keluarga di kabupaten LTKL. Selanjutnya, mengembangkan jejaring gotong royong pembangunan lestari multipihak yang dapat di replikasi oleh seluruh kabupaten di Indonesia"kata dia.

Perayaan HUT LTKL berlangsung meriah di hadiri sejumlah Bupati dan wakil bupati kabupaten anggota LTKL. Wabup Husni juga mengucapkan selamat ulang tahun ke 6 LTKL.

"Selamat ulang tahun ke 6 LTKL teruslah untuk membangun Indonesia lestari. Kami mewakili dewan pengurus juga mengucapkan selamat kawan-kawan di sekretariat LTKL dan jejaring mitra LTKL yang yang telah berjibaku tidak kenal lelah dan mendampingi kabupaten anggota dalam berbagai aktivitas dan program di lapangan"terangnya.

Asosiasi Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) sendiri didirikan oleh dan beranggotakan pemerintah kabupaten di Indonesia dengan visi mendorong pembangunan lestari yang menjaga lingkungan dan menyejahterakan masyarakat. LTKL dibentuk oleh 8 pemerintah kabupaten di bulan Juli 2017 dan sejak ini menjadi kaukus pembangunan lestari dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI). Sampai dengan Februari 2020, LTKL memiliki 9 kabupaten anggota aktif di 8 provinsi Indonesia. 

"Kabupaten Siak sendiri salah satu inisiator terbentuknya asosiasi LTKL ini. Konsep dasar LTKL ini, bagaimana kita mensejahterakan masyarakat melalui sumberdaya alam yang kita miliki di sisi lain alam kita terjaga. Kita lebih dulu selangkah dari kabupaten lain, melahirkan program Siak Hijau di ikuti regulasinya Perda Siak Hijau"urainya.

Puncak HUT LTKL berlangsung meriah, di ikut seluruh perwakilan kabupaten anggota LTKL di lanjut pemotongan tumpeng HUT LTKL dan penyerahan penghargaan kepada mitra NGO dan koalisi LTKL.Inf

 

 

Editor : Ank