Ribuan Wisatawan Mancanegara hadiri Ritual Bakar Tongkang di Rokan Hilir bakar tongkang (foto.ilustrasi)

Ribuan Wisatawan Mancanegara hadiri Ritual Bakar Tongkang di Rokan Hilir

 

- Ribuan wisatawan nasional dan mancanegara menghadiri ritual bakar tongkang di Rokan Hilir, Sabtu 30 Juni 2018.

Staf Ahli Bidang Multikultural Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti mengatakan Bakar Tongkang sudah menjadi agenda tahunan.

Sejauh ini kunjungan wisatawan dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.

"2017 kunjungan wisatawan di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir sekitar 52 ribu. Tahun ini mencapai 70 ribu wisatawan," jelasnya.

Ia menambahkan bahwa Bakar Tongkang merupakan salah satu dari 100 Wonderfull Event Indonesia 2018 yang masuk dalam kalender event nasional.

"Jadi, kita patut bangga bahwa di Provinsi Riau khususnya di Kabupaten Rokan Hilir sudah ada salah satu dari event pariwisata nasional yang kita unggulkan," terangnya.

Menurutnya, Bakar Tongkang juga menjadi salah satu dari event Anugerah Pesona Indonesia yang tentunya didukung oleh masyarakat Bagansiapiapi melalui votingnya.

"Terima kasih juga kepada warga Bagansiapiapi yang berada diluar daerah yang telah mendukung event tersebut, begitu juga kepada pihak keamanan," harapnya

Pada kesempatan sama, Wakil Bupati Rokan Hilir Jamiludin mengatakan bahwa wisatawan Bakar Tongkang kali ini dihadiri warga Tionghoa Rokan Hilir yang datang dari Inggris, Singapura, Malaysia dan Thailand.

"Alhamdulillah, mereka yang datang dari luar sangat peduli kepada masyarakat Kabupaten Rokan Hilir. Kemarin juga mereka memberikan sumbangsihnya untuk kita kepada warga yang kurang mampu berupa sembako. Ini perlu kita lestarikan untuk tahun-tahun kedepannya," pintanya.

Seperti diketahui ritual bakar tongkang rosesi Bakar Tongkang baru dilaksanakan sekitar pukul 15.00 WIB, dimana Replika Kapal Tongkang di arak puluhan ribu warga Tionghoa dari Kelenteng Ing Hok King menuju ke lokasi Bakar Tongkang di Jalan Perniagaan Ujung, Bagansiapiapi.

Setelah proseai ritual selesai sekira pukul 16.30 WIB tiang kapal Tongkang yang telah dibakar jatuh ke arah darat. Menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa bahwa rezeki mereka tahun ini berada di darat.

sumber : riaubook.com

 

Editor : HomeRiau