Rupat Akan Jadi Prioritas Cagubri Syamsuar Buat Desnitasi Wisata dan Kawasan Industri Ket Foto : Cagubri Syamsuar janji bangun jalan sebagai kunci awal, Pulau Rupat menyimpan potensi besar jadi kawasan industri dan wisata

Rupat Akan Jadi Prioritas Cagubri Syamsuar Buat Desnitasi Wisata dan Kawasan Industri

Rupat, Homeriau.com - Syamsuar Berniat Jadikan Pulau Rupat Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata dan Lanjutkan Infrastruktur Jalan Riauterkini-BENGKALIS- Pelancong yang sudah pernah datang ke Pantai Pantai Pesona, Desa Teluk Rhu, Rupat Utara, Bengkalis, Riau pasti akan datang kembali untuk menikmati keindahan wisata bahari yang memberikan kesan luar biasa.

Calon Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi saat perdana menginjakkan kakinya di pantai itu, Senin (12/3/2018) juga berdecak kagum dengan keindahan pantai yang dikenal juga dengan Pantai Pasir Panjang.

Ia melihat potensi wisata yang cukup besar ada di Pulau yang jauh dari keramaikan kota ini. Sehingga perlu sentuhan tangan Provinsi dan Pusat untuk mengembangkannya menjadi kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN).

"Pantai Pesona Pulau Rupat memiliki bibir pantai dengan pasir putih yang terbentang landai. Ini akan sangat populer dibandingkan pantai lainnya yang ada di Riau," sebut Syamsuar.

Syamsuar menyebutkan pulau Rupat ini sudah layak menjadi kawasan ekonomi khusus pariwisata. "Ini yang akan kita tindak lanjuti dan kawal terus prosesnya di pusat. Kalau dulu provinsi berpihak, sudah jadi ini," kata Syam.

Dampak positifnya nanti dari terwjudnya itu banyak event yang bisa dibuat di pinggiran pantai ini. Wilayah ini akan maju dan menjadi tujuan utama wisatawan lokal dan mancanegara. Sehingga masyarakat Siak dapat menikmati dampaknya.

"Kalau dulu Provinsi mendukung langkah ini, sudah jadi Rupat ini. Kita juga tahu, Pak Herliyan (mantan Bupati Bengkalis) sudah membangun jalan ini untuk kemajuan objek wisata Rupat. Sebenarnya tinggal melanjutkan saja lagi, tapi sayang progresnya lambat," sebutnya.

Pemandangan birunya Selat Malaka yang dihiasi oleh barisan pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya bisa memberikan nilai keindahan dan seni yang luar biasa bagi pecinta fotografi.

"Banyak pembenahan yang harus dilakukan di pantai Pesona ini. Seperti tempat kuliner yang menyajikan makanan khas laut, sarana MCK, dan lain-lainnya. Selain itu, Rupat kaya potensi di sektor perkebunan dan usaha perikanan," sebut Syamsuar lagi.

Masalah infrastruktur jalan dari Rupat Selatan menuju Rupat Utara, kata Syam akan menjadi prioritas kerjanya ketika diamanahkan menjadi Gubernur Riau.

"Soal roro Dumai - Rupat ini nantinya kita minta juga dikelola oleh kota Dumai saja. Sehingga tidak perlu lagi urusannya di Provinsi, ini juga untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan penyebrangan," ujar Bupati yang sudah berhasil mengembangkan wisata Siak ini.

Sementara itu, Sekretaris PAN Bengkalis Abdul Kadir dalam kesempatan yang sama menyampaikan aspirasi masyarakat Rupat kepada Cagub Riau nomor 1.

"Kami tidak minta uang jika bapak nanti menjadi Gubernur, tapi bangun infrastruktur di Rupat sama seperti bapak membangun infrastruktur di Siak. Dan jadikan Rupat ini sebagai kawasan ekonomi khusus pariwisata," kata Abdul Kadir.

Anggota dewan ingin mengaku masyarakat sudah bosan dengan janji yang diumbar Gubernur Riau pada kegiatan seremonial yang sering dilakukan di Pulau Rupat. "Masyarakat Rupat sudah bosan mendengar janji pemimpin," sebutnya.Hr/r

Editor : wartawan