Sekda Resmikan Pacu jalur Mini Di Desa Pulau Aro

Sekda Resmikan Pacu jalur Mini Di Desa Pulau Aro


Teluk Kuantan, homeriau.com - Sekretaris Daerah (Sekda)  Kabupaten Kuantan Singingi Drs. Dianto Mampanini SE,MT Secara langsung Meresmikan Pacu Jalur mini Di tepian Ronge Biru, Desa Pulau  Aro Kecamatan Kuantan Tengah, Kuansing.(16/08)

Dianto memaparkan kepada wartawan bahwasanya pacu jalur merupakan tradisi yang sudah berjalan sangat lama,  itu sudah ada sebelum Belanda masuk ke indonesia

"Yang saya ketahui muda-mudahan tidak sala,  pacu jalur sudah berjalan lebih dari 1 abad, Dulu jalur di gunakan sebagai alat transportasi namun lama-lama kelamaan dijagin sebagai kompetisi,  pacu jalur semakin besar setelah diselenggarakan upacara ulang tahun Raja Belanda,  Ratu Helmina,  dan bama Ratu helmina itu juga dinamakan nama jalur sala satu Desa (Sang Ratu helmina)" paparnya saat di mintai keterangan oleh wartawan tentang sejarah pacu jalur.

Dianto mampanini juga menjelaskan Pacu jalur diikuti oleh semua Desa yang dialiri Sungai Kuantan yang merupakan tempat arena mereka berpacu.

"Untuk wilayah pacu jalur ini diikuti semua Desa yang ada di Kuansing,  dan bahkan ada dari luar Kuansing seperti kabupaten Inhu,  jumlah jalur yang ikut setiap tahunnya selalu bertambah". Tandasnya.

Dianto juga menambahkan pacu jalur tahun ini jauh lebih beda dari tahun sebelumnya,  dimana tahun ini akan ada penampilan musik-musik Daerah Kuansing yang akan ber kolaborasi dengan musi jazz internasional .

"Yaa,  tahun ini jauh leih beda dari tahun Sebelumnya,  sekarang akan ditampilkan musik-musik Daerah yang akan berkolaborasi dengan musik Jazz internasional, kalau tidak sala sudah ada 8. Negara yang sudah menandatangani Kontrak untuk datang kesini"tim

Editor : HomeRiau