Sungai Kampar Mulai Meluap Babinsa Kodim 0313/KPR Koramil 09/Langgam Terus Pantau Kondisi Air

Sungai Kampar Mulai Meluap Babinsa Kodim 0313/KPR Koramil 09/Langgam Terus Pantau Kondisi Air

Pangkalan Kerinci, - Babinsa Koramil 09/Langgam Kodim 0313/KPR Serma Alinan Syahri turun langsung ke lokasi untuk memantau banjir yang terjadi di Kelurahan Langgam, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawanelalawan, Jumat (27/11/2020)

Babinsa mengungkapkan, banjir yang terjadi di wilayah binaannya itu diakibatkan oleh luapan air Sungai kampar yang tidak lagi dapat menampung air dikarenakan tinggi nya curah hujan sebulan terakhir ini.

"Oleh sebab itu air sungai kampar meluap sampai ke halaman perumahan warga di kelurahan langgam yang berada disekitar bantaran sungai kampar,dengan kedalamannya lebih kurang 5 s/d 50 cm meter namun air belum ada masuk ke dalam rumah warga karena mayoritas rumah panggung ujarnya.

Untuk itu, Serma Alinan Syahri meminta kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian ini dan agar menjauhi lokasi banjir.

"Babinsa juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar berhati-hati dan waspada, apabila curah hujan semakin tinggi," ungkapnya.

Banjir  juga menggenangi badan jalan dengan ketinggian air 5 s/d 40 cm sehingga jalan penghubung antara  kelurahan langgam dan desa lubuk ogung terputus tidak bisa dilewati oleh kendraan.

Babinsa turut serta untuk tetap memantau kejadian tersebut dan membantu masyarakat yang terdampak bencana banjir.

"Akibat hujan sangat lebat dan sampai pada beberapa hari ini tanpa jeda. Hal itu tentu dapat berpotensi terjadi banjir semakin tinggi" katanya.

Namun, dirinya bersyukur sampai hari ini wilayah yang paling rentan dengan banjir masih terbilang aman.

"Yang kita khawatirkan rumah penduduk yang berdekatan dengan bantaran sungai kampar, karena meluapnya air sungai maka daya tampung akan melebihi kapasitas," ujarnya.

"Maka dari itu, saya mengimbau ke masyarakat agar selalu waspada bilamana hujan deras masih terjadi beberapa hari ke depan," pesannya

Sumber : Pendim0313/Kpr

Editor : Ank