Tim Kukerta Universitas Riau Melakukan Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Digital di SMPN 05 Dayun

Tim Kukerta Universitas Riau Melakukan Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Digital di SMPN 05 Dayun

Siak - Tim Kukerta UNRI Desa Banjar Seminai, melakukan sosialisasi pemanfaatan teknologi digital untuk efektivitas literasi ilmiah dengan demonstrasi Phet Colorado di SMPN 05 Dayun, Kabupaten siak. Pada Kamis (21-07-2022) 

Meskipun di jenjang SMP belum begitu menekankan pada pembelajaran matematika dan sains secara spesifik, namun sosialisasi ini bermaksud mengenalkan metode pembelajaran yang lebih menarik dan mudah dipahami untuk matematika dan sains di tingkat sekolah selanjutnya.

Phet Colorado merupakan metode pembelajaran yang mampu menciptakan suasana belajar di laboratorium virtual. Metode pembelajaran ini menghadirkan simulasi pembelajaran yang interaktif di bidang sains dan matematika. Pembelajaran yang interaktif ini mampu meningkatkan antusias peserta didik dalam belajar, dan diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar.

Peningkatan pengetahuan dan kemampuan peserta didik di bidang matematika dan sains ini diharapkan mampu mendorong peningkatan peringkat PISA Indonesia. Kemudian dengan meningkatnya skor PISA Indonesia, ini akan menjadi acuan untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia.

Literasi ilmiah adalah kemampuan mengaplikasikan ilmu yang dimiliki untuk memecahkan masalah yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai seorang peserta didik, literasi ilmiah sangat diperlukan untuk membentuk sikap kepekaan terhadap lingkungan dan mampu mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan yang matang.

Sebuah program internasional bernama PISA (Program for International Student Assessment) bergerak untuk memonitor hasil dari sistem pembelajaran yang diterapkan dalam sebuah negara yang berkaitan dengan pencapaian belajar siswa jenjang sekolah menengah. Terdapat tiga bidang utama yang menjadi pengukuran PISA yaitu matematika, sains, dan literasi. 

Berdasarkan data pengukuran PISA pada tahun 2018, Indonesia berada dalam urutan ke-74 atau peringkat 6 terbawah. Ini menunjukkan bahwa sistem pendidikan yang diterapkan di Indonesia masih belum mampu menjamin kemampuan peserta didik di bidang matematika, sains, dan literasi. 

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi digital kini mampu menjadi sarana yang tepat guna sebagai strategi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Salah satunya adalah Phet Colorado.**

 

 

 

 

Editor : Ank