TP PKK Siak Raih Juara I Lomba Cipta Menu B2SA Tingkat Provinsi Riau

TP PKK Siak Raih Juara I Lomba Cipta Menu B2SA Tingkat Provinsi Riau

Pekanbaru - TP PKK Kabupaten Siak Juara 1 Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Provinsi Riau. Hasil lomba tersebut diumumkan oleh Dewan Juri di halaman belakang Gedung Wanita Riau, Pekanbaru Selasa, 19 September 2023.

Ketua TP PKK Siak Rasidah Alfedri ditemani Ketua I Ananda Laila Putri, dan Ketua III Syarifah Raudah serta pengurus Pokja III spontan bersorak setelah disebutkan nomor undian 12 sebagai juara pertama.

Istri Bupati Alfedri itu pun tersenyum bahagia saat menerima piala juara pertama dan piala bergilir yang diserahkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau.

Rasidah saat dijumpai usai acara mengatakan, pada lomba tersebut TP PKK Siak menyajikan menu yang berbeda, terdiri dari es lumut macang, sayur doda kelor, nasi sorgo istana. Kemudian Steak igasuman, saos selera raje, asinan buah sultan, dan sambal botok kece.

“Dengan kreatifitas dan inovasi para ibu-ibu TP PKK ini berhasil membawa Siak meraih juara 1. Saya merasa senang dan bangga, karena TP-PKK Kecamatan Sungai Mandau bisa membawa nama Siak jadi yang terbaik se-Provinsi Riau,” tuturnya.

Kata dia, Siak siap mewakili Provinsi Riau untuk lomba yang sama di tingkat nasional, tentunya dengan menu yang sama.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Siak Tri Handro Pramono mengatakan, keberhasilan meraih juara 1 tersebut merupakan kerja keras TP PKK Kabupaten Siak dan Dinas Ketahanan Pangan.

"Ini merupakan kerja keras dari TP PKK Siak dan Dinas Ketahanan Pangan, karena tahun lalu pada lomba yang sama ini Siak meraih juara kedua," sebutnya.

Kata Andro, dengan slogan kenyang tidak mesti nasi, maka sorgum inilah solusinya. Dengan sorgum ini yang diusung menjadi nilai tambah untuk meraih kemenangan.

Lebih lanjut ia mengatakan, kegiatan ini salah satu usaha untuk mengkampanyekan B2SA serta sebagai upaya pencegahan stunting.

Iya menambahkan, sorgum menjadi hal yang luar biasa untuk di kembangkan di tengah ancaman krisis pangan global. Selain sebagai program untuk menunjang ketahanan pangan nasional sorgum ini juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi.inf

 

 

Editor : Ank