Untuk Mencegah PMK, Babinsa Koramil 16/Tapung Memantau Sapi Milik Warga Binaan

Untuk Mencegah PMK, Babinsa Koramil 16/Tapung Memantau Sapi Milik Warga Binaan

Tapung Hulu - Sabtu 24/12/2022. Saat ini para Babinsa dalam melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) banyak ragamnya dari mulai silaturahmi sampai pengecekan hewan ternak dari terserangnya wabah penyakit yaitu penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sapi, kerbau, kambing, domba, kuda dan babi.

Kegiatan pencegahan penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak di Kabupaten Kampar terus dilaksanakan secara bersinegi sampai ke tingkat Kecamatan yaitu antara Dinas Peternakan Kecamatan, Koramil dan Pihak Polsek termasuk di Kecamatan Tapung Hulu terus dilaksanakan.

Seperti pada hari ini yang dilakukan Kopda Sandro Silaban Babinsa Koramil 16/Tapunv Kodim 0313/Kampar melakukan pemeriksaan terhadap hewan sapi milik bapak Alisman yang berada di Desa Danau Lancang Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar.

Babinsa mengatakan “Maksud kegiatan ini dilaksanakan untuk mencegah virus PMK dengan melihat langsung hewan peternak yang kemungkinan adanya ciri-ciri hewan tersebut terjangkit virus PMK, sehingga segera dilakukan upaya pencegahan dan penanganan oleh petugas berwenang, karena itu pihaknya mengimbau warga maupun peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya, serta mengantisipasi datangnya hewan ternak sapi, kambing dan kerbau dari wilayah lain," kata Babinsa.

Babinsa menghimbau kepada warga agar jangan takut melaporkan ke petugas, jika didapati kesehatan hewan ternak sapi, kerbau, kambing dan domba dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, (lesi pada gusi), luka pada kuku (kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh  (lesi pada lidah), dan untuk sementara dari hasil pengawasan, dan pengecekan langsung dari Babinsa serta petugas terkait lainnya, untuk hewan ternak sapi semuanya dalam kondisi sehat belum ditemukan adanya tanda-tanda virus PMK,"pungkas Babinsa.

 

Sumber : Pendim 0313/Kpr

 

 

Editor : Ank