Wabup Husni Sebut di Rakernas Apkasi 2023, Bahas Kesiapan Daerah Hadapi Pemilu 2024

Wabup Husni Sebut di Rakernas Apkasi 2023, Bahas Kesiapan Daerah Hadapi Pemilu 2024

TANGSEL  - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) mengelar Rapat Kerja Nasional Rakernas ke XV dan Apkasi Otonomi Expo tahun 2023. Berlangsung di Nusantara Hall ICH Indonesia Convention Exhibition (BSD) Serpong, Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Kamis, (20/7/2023).

Rakernas dengan tema "Kesiapan Daerah dalam Menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024" ini disambut baik Sekretaris Jenderal Apkasi yang juga Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang hadir mendampingi Ketua Apkasi yang juga Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin meminta para bupati se-Indonesia guna mewujudkan otonomi daerah yang bermanfaat bagi masyarakat, Pemerintah Kabupaten diharapkan dapat terus meningkatkan gagasan dan langkah inovatif, baik pada tataran kebijakan maupun penggunaan anggaran yang tepat guna, sehingga pertumbuhan ekonomi daerah yang inklusif dan berkelanjutan dapat terwujud.

"Pastikan implementasi program dan anggaran yang efektif dan akuntabel hingga di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa, sebagai ujung tombak perangkat pemerintah yang berhubungan langsung dengan masyarakat,” pinta Wapres.

Wapres meminta pemerintah kabupaten untuk fokus kepada komoditas-komoditas unggulan dari hulu ke hilir secara terpadu serta memperkuat peluang di bidang ekonomi dan keuangan syariah.

“Kontribusi kabupaten dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah akan turut menentukan keberhasilan kita dalam mewujudkan visi menjadi Pusat Halal Dunia pada tahun 2024,” tegas Ma'ruf Amin.

Terpisah Wakil Bupati Siak Husni Merza mengatakan tujuan digelarnya Rakernas APKASI dan APKASI Otonomi Expo 2023 bukan hanya sekedar ajang promosi keunggulan yang dimiliki Kabupaten seluruh Indonesia, namun juga membahas isu-isu nasional yang berkembang saat ini.

“Tujuan dari Rakernas dan APKASI Otonomi Expo kali ini, bukan saja mempromosikan keunggulan dari Kabupaten se-Indonesia tetapi juga kita membahas perhelatan akbar di Indonesia yaitu, pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilu yang nanti akan digelar secara serentak,” ungkapnya.

Bupati menambahkan bahwa Rakernas dan APKASI Otonomi Expo tersebut juga dirangkaikan dengan berbagai promosi produk-produk unggulan dari masing-masing kabupaten seluruh Indonesia yang diharapkan dapat diminati dan diserap oleh pasar baik domestik maupun luar negeri

“Acara tadi juga di hadiri para duta besar dan juga para Kadin dari berbagai negara. Mudah-mudahan melalui ajang ini produk-produk lokal unggulan dan berkualitas dari masing-masing kabupaten dapat diminati dan diserap pasar, bukan saja domestik tetapi pasar dunia,”terangnya.

Hadir dalam acara itu, Wakil Presiden Maruf Amin, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Koperasi dan UMKM, Ketua KPK RI Firli, Pejabat Gubernur Banten, Ketua Apeksi, Ketua Apkasi beserta bupati walikota anggota Apkasi seluruh Indonesia.inf

 

 

Editor : Ank