Calon Gubri 2018 Syamsuar, Ternyata Punya Gelar Kehormatan dari Berbagai Suku Ket Foto : Bupati Siak H. Syamsuar

Calon Gubri 2018 Syamsuar, Ternyata Punya Gelar Kehormatan dari Berbagai Suku

Pekanbaru, Homeriau.com - Inilah dia Calon Gubernur Riau, Syamsuar ternyata pemimpin yang dinilai mampu mengayomi semua suku dan tidak pernah membeda - bedakan agama masyarakatnya. Tidak hanya pujian, tapi hal itu dibuktikan dengan banyaknya gelar kehormatan yang diberikan kepada Bupati Siak dua periode itu.

Ketua Perhimpunan Marga Nasution Riau, Syamruddin Nasution menyatakan Siak yang masyarakatnya sangat heterogen ini adalah anugerah bagi pak Syamsuar. Beliau merangkul semua suku yang ada di daerah yang dia pimpin sebagai Bupati Siak.

Saat acara halal bihalal Perkumpulan Marga Nasution Riau, sekitar Juli 2017, Calon Gubernur Riau ini mendapat gelar kehormatan dari marga Nasution. "Bagi kami, pak Syamsuar adalah sosok yang pantas untuk memimpin Riau. Mari kita doakan juga agar pak Syamsuar selalu dalam keadaan sehat," imbau Syamruddin.

Ditambah lagi, Syamsuar sudah mendaftarkan diri di KPU Provinsi Riau, Senin (8/1/2018) siang sebagai Calon Gubernur Riau berpasangan dengan putra kelahiran Bengkalis yang juga masih berdarah batak yakni Brigjen TNI Edy Natar Nasution.

Hal ini semakin menguatkan bahwa Bupati Siak dua periode ini tidak hanya mengedepankan budaya Melayu melainkan seluruh budaya dari suku lainnya yang ada di Indonesia ini. Baginya perbedaan itu akan menjadikan Riau lebih kuat, maju dan berkembang.

"Sebagai Bupati Siak, beliau sudah melakukan pembangunan pendidikan dan pelestarian kebudayaan, dan kita bisa melihat dia tidak membeda-bedakan suku, ras, dan agama. Keragaman inilah yang membuat pembangunan di Siak semakin berwarna,â€Â ungkapnya.

Selain itu juga, Bupati Siak, Syamsuar ini juga pernah dianugerahi gelar kehormatan dari Keraton Surakarta Hadiningrat, Solo, pada peringatan Tinggalandem Jumenengan Sampeyandalem Ingkang Sinuhun Kangjeng Susuhunan (SISKS) Pakubuwono XIII, Jumat, 21 April 2017.

Pemberian gelar kehormatan dengan sebutan Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Syamsuar Darmodipuro, itu dilakukan langsung oleh Soesoehoenan Pakoe Boewono XIII, di ruang tertutup dengan penjagaan ketat dari staf keraton.

Khusus untuk Bupati Siak, pihak keraton menilai sosok Syamsuar atas dedikasi dan keberhasilannya terhadap membangun daerah, dan menjaga kerukunan antar suku sehingga layak diberi gelar kehormatan tersebut.

Salah seorang tokoh masyarakat suku Jawa-Riau, Rusdaryanto (Cak Rus), menyampaikan rasa terharunya. Menurut dia, bupati dua periode itu cukup pantas mendapat gelar tersebut.
Bupati Siak Syamsuar yang merupakan Datuk Setia Amanah ini di penghujung tahun 2017 juga menerima gelar anugerah kehormatan dari adat Aceh Barat di gedung lembaga adat Melayu Riau Kabupaten Siak, Rabu (13/12/2017).

Pemberian gelar tersebut sebagai wujud kepedulian Syamsuar terhadap masyarakat Aceh di Siak. Bupati ini menerima suku Aceh dengan baik di daerahnya. "Sebagai bentuk keberhasilan Syamsuar telah mampu menjaga dan melestarikan budaya melayu sesuai dengan kebijakan daerah," kata Ketua Adat Aceh Barat H Tjut Agam.

Bukti lainnya yang menguatkan hubungan Syamsuar sangat harmonis dengan berbagai suku bangsa adalah seringnya pemimpin negeri Istana ini menjadi pembicara dalam suatu kegiatan atau dialog kebangsaan.

Syamsuar mencontohkan Raja Kecik yang terbuka bisa menerima seluruh suku bangsa. Sehingga di Siak ini, semua suku, agama dan ras hidup berdampingan. "Ini perlu kita contoh sebagai generasi penerus harapan bangsa," kata Bupati terpopuler di Riau.

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais saat menghadiri deklarasi pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Syamsuar - Edy Natar Nasution, di Lapangan Bukit, Senapelan, Pekanbaru, Minggu, (7/1/2018) lalu juga mengatakan pasangan ini bapak semua golongan.
"Jika nanti menjadi gubernur untuk seluruh rakyat Riau, Syamsuar - Edy Natar bukan hanya untuk sekelompok orang dan golongan. Tetapi merangkul semua kepentingan lapisan masyarakat bila diamanahkan menjadi Gubernur Riau lima tahun ke depan. Berdasarkan jam terbangnya, saya yakin Pak Syamsuar bisa melaksanakan itu," ujarnya.Hr

Sumber : Goriau.com

Editor :