Arti Pahlawan Bagi Remaja Masa Kini

Arti Pahlawan Bagi Remaja Masa Kini

Riau, - Bangsa Indonesia memperingati hari pahlawan setiap 10 November untuk mengingat jasa para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Ada banyak pengorbanan yang mereka lakukan bahkan bertaruh nyawa sekalipun demi sebuah kemerdekaan.

 

Kemerdekaandiharapkan mampu menciptakan masa Depan yang lebih baik, lebih cerah dan bebas dari para penjajah.

 

Kemerdekaan didedikasikan bagi anak cucu bangsa Indonesia tercinta. 

 

kita sebagai generasi penerus dan harapan bangsa yang sudah merasakan kejayaan, kita harus mengingat jasa pahlawan yang telah memperjuangkan bangsa Indonesia.

 

Sebagai remaja yang berintegritas,paham benar tidak mudah memperjuangkan Indonesia dari zaman penjajahan.

 

Ada istilah umum mengatakan “Bangsa yang besar adalah bangsa yang meghargai dan menghormati jasa pahlawannya.” Seperti kata Bung Karno “Negara yang besar adalah yang tidak melupakan jas merah,” artinya tidak akan melupakan sejarah suatu bangsa tersebut.

 

Hari pahlawan memang diperingati taggal 10 November, tapi jadilah pahlawan dalam kehidupan sehari-hari. Jadilah pahlawan yang dimulai untuk diri sendiri dan keluarga dengan mencetak semangat dan prestasi hingga akhirnya menjadi pahlawan bagi negeri ini.

 

Mulailah menjadi pahlawan dengan semangat sang juara untuk berkontribusi dalam aspek membangun bangsa Indonesia lebih baik. Indonesia sangat memerlukan banyak pahlawan.  Kita memiliki cita cita untuk membentuk Indonesia sebagai negara yang damai adil sejahtera dan tentunya makmur.

 

Masa kini, makna pahlawan dapat diartikan sebagai seorang yang menonjol karena mempunyai jiwa yang berani,  rela berkorban dan tidak hanya mementingkan diri sendiri, membela kebenaran dan menjadi pejuang yang gagah berani. Merebut dan berjuang untuk kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Keinginan melaksanakan nilai kepahlawanan harus dimulai dari lingkup terkecil dalam keluarga. Cinta tanah air , rela berkorban, dan jiwa patriotisme.

Nilai-nilai seperti itulah yang diperlukan untuk menjaga bangsa di tengah isu suku, agama, ras, dan antar golongan. 

   

Kita remaja dan generasi muda Indonesia saat ini adalah pahlawan , pahlawan di era  new normal, sangat penting bagi kita memiliki  jiwa patriotisme dan kepedulian terhadap negara untuk mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

 

Di era new normal saat ini, kita rakyat Indonesia tidak lagi berperang melawan penjajah tetapi berperang melawan pandemi yang sedang mewabah. Pandemi telah banyak membunuh rakyat Indonesia, untuk itu, bantulah Indonesia dalam keterpurukan saat ini, mari penuhi protokol kesehatan di era new normal, mari kita jaga bersama keluarga dan lingkungan,  semua bisa jadi pahlawan walaupun tidak harus di Medan perang.  Selamat hari pahlawan ke- 76.

 

PENULIS.                   : Bintang paizil candra

UNIVERSITAS.           : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH RIAU

DOSEN PENGAMPU :  ILHAM HUDI , S,PD., M,PD.

Editor : Ank