Gerak Cepat dan Tanggap Babinsa Bantu Evakuasi Pohon Tumbang dan Atur Kendaraan Yang Melintas

Gerak Cepat dan Tanggap Babinsa Bantu Evakuasi Pohon Tumbang dan Atur Kendaraan Yang Melintas

Kuok - Babinsa Kuok Koramil 01/Bkn Kodim 0313/KPR Serka Cipto Wibowo bersama Bhabinkamtibmas beserta masyarakat setempat melakukan evakuasi pohon tumbang yang menimpa ruas jalan di Jalan Sumbar - Riau di KM 79 Dusun Rantau Berangin Desa Merangin Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar, Minggu malam (18/12/2022) 

Pohon tumbang itu terjadi saat karena curah Hujan Yang tingi, beruntung saat terjadinya pohon tumbang tidak ada masyarakat yang sedang melintas, sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.

Serka Cipto Wibowo yang merupakan Bintara Pembina Desa (Babinsa) di daerah lokasi tumbangnya pohon, begitu mendapat informasi langsung melakukan gerak cepat dengan mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) guna membantu evakuasi pohon tumbang serta mengendalikan kendaraan yang melintas tersebut, Kerna pohon yang tumbang di sertai longsoran tanah yang menutupi sebagian badan jalan, Jelas Babinsa 

Disela-sela evakuasi, Serka Cipto Wibowo menyampaikan bahwa dengan kecepatan penanganan bencana seperti ini, kerugian akan dapat diminimalisir, apalagi pohon tumbang ini menimpa badan jalan. Untuk itu harus segera dilakukan pembersihan agar lalu lintas bisa kembali berjalan normal.

Serka Cipto Wibowo juga menjelaskan, tumbangnya pohon sesuai informasi yang didapat terjadi sekitar pukul 20.30 WIB, akibat curah hujan yang tinggi.

“Untuk mengatasi hal tersebut, selaku Babinsa harus bergerak cepat membantu evakuasi dan mengajak masyarakat membersihkan pohon tumbang tersebut dengan mengunakan mesin sinsaw .” Ungkapnya.

Menurut Serka Cipto Wibowo saya juga sudah menghubungi instansi terkait untuk melakukan upaya dan tindakan dalam evakuasi pohon yang tumbang ini.

“Saya berkewajiban untuk mengingatkan dan menghimbau semua pihak khususnya warga masyarakat, dengan keadaan kondisi cuaca saat ini untuk berhati-hati dan mengantisipasi segala kemungkinan bencana yang timbul,”Ujarnya.

Lanjut kata dia Bencana Alam yang perlu diantisipasi diantaranya banjir, tanah longsor maupun pohon tumbang yang dapat menyebabkan kerugian materiil bahkan korban jiwa. Pungkasnya.

 

Sumber : Pendim 0313/Kpr

 

 

Editor : Ank