Kebersamaan Jelang Bulan Ramadhan, Babinsa Koramil 16/Tapung Bersama Warga Bersihkan Pemakaman

Kebersamaan Jelang Bulan Ramadhan, Babinsa Koramil 16/Tapung Bersama Warga Bersihkan Pemakaman

Tapung Hulu,– Jelang Bulan Ramadhan 1444 H, Peltu Suriadi Babinsa Koramil 16/Tapung Kodim 0313/Kampar bersama masyarakat melaksanakan gotong royong pembersihan tempat pemakaman umum (TPU) Giri Langgeng yang terletak di Desa Bukit Kemuning, Kecamatan Tapung Hulu, Kabupaten Kampar. Sabtu (18/03/2023).

Kegiatan gotong royong pembersihan TPU tersebut merupakan salah satu tradisi masyarakat setempat dalam menyambut datangnya bulan suci ramadhan yang nantinya akan dikunjungi oleh warga untuk melaksanakan jiarah.

Menurut Babinsa, gotong royong TPU ini sudah menjadi tradisi atau kebiasaan di tengah warga, setiap memasuki Bulan Suci Ramadhan kita bersama warga membersihkan makam keluarga," kata Babinsa.

Dalam kegiatan itu kita juga bisa saling bersilaturahim dan bahkan saling berbagi cerita dengan warga lainnya, karena semua kalangan ikut membaur bergotong royong baik kalangan ibu, anak, pemuda, tokoh adat dan tokoh agama.

“Kita sangat mengapresiasi semangat warga yang sangat antusias berbondong-bondong mendatangi pemakaman keluarga dan pemakaman umum membawa peralatan, seperti cangkul dan sapu untuk membersih pekuburan," ungkap Babinsa.

Lanjutnya, Babinsa berharap agar tradisi ini tetap dipertahankan guna membangun kebersamaan, kesadaran, maupun meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan baik sarana dan fasilitas lainnya agar tetap bersih dan nyaman," tutup Babinsa.

 

Sumber : Pendim 0313/Kpr

 

 

Editor : Ank