Penampakan Karhutla di Rawa Betung Kabupaten Rokan Hulu Riau, Petugas Gabungan Padamkan Api

Penampakan Karhutla di Rawa Betung Kabupaten Rokan Hulu Riau, Petugas Gabungan Padamkan Api

Rokan Hulu - Kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) terjadi di daerah Rawa Betung, Desa Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, seluas 5 hektar lahan gambut hangus terbakar.

Petugas gabungan TNI Polri dan masyarakat berjibaku memadamkan api.

"Karhutla pertama sekali dilihat warga, Sabtu (16/9/2023), sekitar pukul 12.00 WIB, selanjutnya warga menelepon saya dan saya menghubungi tim yang lain dan langsung menuju ke lokasi karhutla untuk melakukan pemadaman," jelas Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 10 Kunto Darussalam Kodim 0313/KPR Koptu Yuliarno, Minggu (17/9/2023), pagi.

Dia mengatakan, dugaan sementara api berasal dari puntung rokok.

'Dugaan sementara api berasal dari puntung rokok. Karena, wilayah itu merupakan tempat warga memancing untuk mencari ikan, jelas Yuliarno.

Yuliarno menjelaskan, lahan yang terbakar merupakan lahan gambut yang di bawahnya masih ada air.

'Lahan gambut itu di atasnya kering, tetapi di bawahnya masih ada tersimpan air. Makannya kami tim gabungan memadamkan bara api dengan cara mendorong bara api kedalam rawa dan menyemprotkan air, bebernya.

Yuliarno menegaskan, kondisi api di pastikan sudah padam. 

'Saya pastikan, kondisi api saat ini telah padam. Luas lahan yang terbakar lebih kurang 5 hektar. Saya juga tidak henti-hentinya menghimbau kepada siapa saja agar berhati-hati jika membuang puntung rokok, himbaunya.

 

Sumber : Pendim 0313/Kpr

 

 

Editor : Ank