Chanel News Asia Wawancari Cagubri Andi Rachman Soal Kiat Sukes Atasi Karlahut

Chanel News Asia Wawancari Cagubri Andi Rachman Soal Kiat Sukes Atasi Karlahut

Pekanbaru, Homeriau.com - Gubernur Riau non aktif Arsyadjuliandi Rachman dinilai berhasil menangani kebakaran hutan dan lahan di Bumi Lancang Kuning. Bencana menahun sejak 2007 itu, Alhamdulillah sejak tiga tahun belakangan ini tak lagi hinggap di Riau.

Channel News Asia, Televisi yang berkantor pusat di Singapura pun tertarik ingin mengetahui keberhasilan Riau mengatasi masalah ini. Apalagi, negeri jiran itu juga kerap terpapar asap.

Chandni Vatvani, jurnalis cantik Channel News Asia Biro Indonesia yang langsung datang dari Jakarta untuk wawancara dengan Andi Rachman.

Wawancara langsung dilakukan di kediaman pribadi Cagub Riau nomor 4 di Jln Sudirman, Pekanbaru, Selasa, (8/5/2018).

Sejumlah pertanyaan yang diajukan fokus soal keberhasilan Riau menanggulangi kebakaran lahan dan hutan. Pertanyaan pertanyaan itu seperti bagaimana Andi Rachman sebagai gubernur bisa mempertahankan asap hilang dalam tiga tahun terakhir ? Kemudian bagaimana kerjasamanya dengan pemerintah pusat. Serta apa yang dilakukan untuk sosialisasi kemasyarakat agar tak membuka lahan dengan cara di bakar ?

Sejumlah pertanyaan tersebut dijawab dengan runut dan aplikatif. Menurut Andi Rachman pihaknya tetap berkomitmen menjaga udara Riau bersih dari asap hasil kebakaran lahan dan hutan.

"Alhamdulillah, hari ini Riau masih bebas dari asap. Semuanya berkat pertolongan Allah SWT yang telah memberi petunjuk kepada kita untuk mengatasi bencana ini," ujarnya.

Selain itu, tambahnya Riau bisa bebas asap karena adanya integritas kerjasama yang terintegrasi apik dan baik antara pemerintah kabupaten kota, provinsi dan pusat. Sejumlah instansi vertikal mulai dari TNI dan Polri serta BNBP juga terlibat aktif sehingga Riau terbebas dari asap.

"Semuanya terintegrasi di posko pengendalian kebakaran hutan dan lahan di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru," jelasnya.

Sosialisi lanjutnya terus dilakukan dalam setiap kesempatan turun ke daerah. Dalam setiap kunjungan Andi Rachman mengaku selalu mengingatkan masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar. Serta menjelaskan dampak lingkungan dan kesehatan yang ditimbulkan.

"Kita juga mengingatkan dampak hukum yang bakal diterima pembakar lahan. Ini juga salah satu kunci suksesnya. Adanya penegakan hukum baik kepada perorangan maupun perusahaan. Sehingga ada efek jera," ungkapnya.(rls)

Editor : wartawan